Tentang Kami

Bintang Sejahtera adalah wirausaha sosial yang berfokus pada pelestarian lingkungan khususnya penanganan masalah sampah, pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu program utama kami yaitu Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB mulai beroperasi sejak Juni 2010, berlokasi di Jalan Dr. Soedjono Lingkar Selatan, Jempong Baru-Mataram dan di Tanak Awu Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan utama kami adalah mendaur ulang sampah organik dan sampah anorganik seperti plastik, kertas, besi, aluminium, dll.



Misi Kami

  • Memberikan pengetahuan dan membangun karakter masyarakat sadar dan peduli lingkungan
  • Mendorong peran aktif masyarakat dalam upaya penanggulangan sampah berbasis masyarakat
  • Mendorong tumbuhnya green business lokal baru yang mampu menciptakan lapangan kerja yang berorientasi pada pelestarian lingkungan
  • Meningkatkan pendapatan rumah tangga khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga tanpa penghasilan dan masyarakat terpinggirkan.

Bintang Sejahtera NTB - menerapkan konsep 4 R (Reduce, Reuse, Recycle dan Replant), kami mengajak seluruh elemen masyarakat yaitu individu, keluarga, komunitas masyarakat, pedagang kaki lima, restoran, hotel, sekolah, instansi pemerintah, organisasi masyarakat, dll untuk turut serta dan bekerja sama dalam usaha pelestarian lingkungan melalui Program Bank Sampah. Kami secara intensif melakukan Program Edukasi tentang Pengelolaan Sampah dan Pelestarian Lingkungan, melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pelatihan, workshop, dan pendampingan di masyarakat dan kelompok sasaran lainnya. Individu dan masyarakat dapat mendirikan Unit Bank Sampah dibawah pembinaan kami, sehingga dapat lebih mengoptimalkan kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan di daerah masing-masing dan memperoleh manfaat ekonomi dari pengelolaan sampah.

Selama lebih dari delapan tahun melakukan edukasi dan pendampingan usaha pengolahan sampah melalui Bank Sampah, lebih dari 140 Unit Bank Sampah telah terbentuk di lima kabupaten & kota di pulau Lombok dan pulau Sumbawa, menyediakan lapangan pekerjaan full time, part time dan volunteer bagi 150 orang dengan perolehan pendapatan mulai Rp. 500.000 s/d 2.500.000,-. Pinsip dasar kerja Bintang Sejahtera adalah, mengajak masyarakat meyelesaikan sampah langsung dari sumbernya, memilah dari rumah tangga lalu menjual/menabung di bank sampah.

;