Posted on 08-03-2020 | Oleh : Admin

Bintang Sejahtera, Mataram - Selama 3 hari dari tanggal 27-29 Februari 2020 lalu, Bank Sampah Bintang Sejahtera sebagai pelopor Bank Sampah di NTB melakukan assessment ke Kabupaten Sumbawa Besar. Ini merupakan proses awal untuk menyebarkan virus semangat peduli sampah di pulau yang terkenal dengan susu kuda liarnya itu.

Sebagai sebuah lembaga pemerhati lingkungan yang menekankan Social Empowerment yang berkelanjutan, maka penilaian awal perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dasar masyarakat mengenai pengelolaan sampah yg baik dan benar serta untuk menyerap aspirasi dan kearifan lokal sebagai bahan dasar kajian tentang pendekatan terbaik yg harus dipakai dalam memperkenalkan konsep dan cara pandang baru di masyarakat.

Bersama dengan PLAN INTERNATIONAL kami mengunjungi 18 desa dan kelurahan di 8 kecamatan berbeda dan menemukan banyak hal menarik dan semangat menggebu dari masyarakat dan pemerintah desa untuk segera mendirikan Bank Sampah di desa masing-masing. Semangat awal ini sangat penting sebagai pemantik ledakan potensi untuk membersihkan sumbawa dari sampah sampah dan menuju target zero waste 2023.

Setelah kegiatan assessment, beberapa desa-desa akan diprioritaskan sebagai pilot project untuk pengembangan bank sampah di Kabupaten Sumbawa Besar. Kegiatan pengembangan selanjutnya meliputi proses sosialisasi, technical training, penguatan kelembagaan bank sampah serta pendampingan manajemen operasional Bank Sampah.

Hasil penilaian kami menunjukkan bahwa desa-desa tersebut sangat potensial karena sudah memiliki basis kesadaran komunal untuk memulai, seperti salah satu RW di Kelurahan Bugis yang dengan kesadaran sendiri para pemudanya sudah melakukan upcycling sampah menjadi kerajinan yang bernilai dan karya mereka telah mendapat penghargaan di tingkat kabupaten. Di RW yang lain, mereka secara mandiri menginisiasi Pustaka Apung di salah satu sungai terbesar yang membelah Kota Sumbawa, yang tentunya dengan sedikit sentuhan inovasi dan perapian manajemen, persampahan RW ini berpotensi untuk merubah wajah sungai menjadi area wisata edukatif baru di tengah-tengah Kota Sumbawa.

Itu adalah sebagian cerita dan semangat yg kami dapatkan selama 3 hari berkeliling di bumi Sabalong Samalewa. Masih banyak cerita semangat lain yg juga luar biasa seperti semangat kawan2 komunitas orang2 istimewa. Kami sengaja mengganti istilah "disabilitas" dengan "istimewa" karena mereka mampu menembus batasan semangat orang-orang kebanyakan, mereka dengan lantang bersuara tanpa kata untuk siap menjalankan program bank sampah.

Karena itu, kami sangat optimis Sumbawa akan menjadi salah satu episentrum semangat gerakan pilah sampah dari rumah melalui Program Bank Sampah.
.
Setelah ini, kami akan merambah ke Labuhan Bajo di Pulau Flores, NTT untuk menyapa Kabupaten Manggarai, menebarkan semangat yang sama, masih bersama PLAN INTERNATIONAL menuju Indonesia Bersih 2025.


Bagikan Yuk

Berita Terbaru


Masa Siaga Darurat Non Bencana COVID-19, Bintang Sejahtera Menerapkan ...

Menyapa Kembali Desa Hu'u dan Desa Jala di Kabupaten Dompu...

Bintang Sejahtera Lebarkan Sayap ke Manggarai, Nusa Tenggara Timur...

Bintang Sejahtera Jelajahi Pulau-pulau Timur Indonesia: Yuk Kelola Sam...

Bintang Sejahtera menyapa Pulau Sumbawa...

Peresmian The Gade Clean & Gold (Memilah Sampah Menabung Emas) di Batu...

Kunjungan Bapak Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Kemaritima...

Peresmian The Gade Clean and Gold Untuk Mensukseskan NTB Zero Waste 20...

Waste is actually left abandoned and unutilized RESOURCES (DR. Sometha...

Rencana Program Kerjasama Merubah Plastic Waste to Oil (BBM) dengan Te...

Silaturrahmi dan Halal bi Halal Bank Sampah se-Pulau Lombok...

Miniatur Masjid Dari Sampah Botol Plastik Bank Sampah Sutra KLU...

Semangat Zero Waste 2023 [ Bagian 1 ] Oleh Syawaludin. S.E....

Bintang Sejahtera NTB Kerjasama Dengan PT. STM Kembangkan Bank Sampah ...

Seminar Nasional & Lokakarya Sirkular Ekonomi Pengelolaan Sampah - Lom...

Kerjasama Dengan Bintang Sejahtera, PT. Pegadaian Syariah Area Ampenan...

Dukung NTB Zero Waste, Bintang Sejahtera NTB Fasilitasi Pembentukan As...

Merajut Kresek Bernilai Ekonomi Ratusan Ribu Rupiah...

Gubernur NTB Harapkan Tiap Desa Miliki Bank Sampah...

Resmikan Program Satu Desa Satu Pengolahan Sampah, Ummi Rohmi: Semua P...

Temu Pelaku Usaha Daur Ulang NTB Menuju NTB Zero Waste...

Penandatanganan MoU kerjasama program pengelolaan sampah berbasis kelu...

Bintang Sejahtera Kedatangan Puluhan ASN dan Akademisi Untuk Belajar U...

Bintang Sejahtera NTB Ikuti Workshop Innovative Waste Management...

Menjadi Narasumber di Hadapan SKPD, Syawaludin Sampaikan 5 Poin Penduk...