Posted on 12-03-2019 | Oleh : Agus Salim

Bintang Sejahtera, Mataram – Guna mendukung program Zero Waste yang saat ini menjadi focus Pemerintah Daerah NTB, Bintang Sejahtera NTB mengadakan pertemuan bersama pengurus Bank Sampah Unit untuk membentuk Asosiasi Bank Sampah. Asosiasi Bank Sampah ini nantinya akan berkoordinasi dengan Bank sampah Unit, Bintang Sejahtera NTB dan Pemerintah. 
Asosiasi Bank Sampah yang telah terbentuk antara lain Asosiasi Bank Sampah Lombok Tengah, Lombok Barat dan Lombok Timur.
Asosiasi Bank Sampah ini akan mengkoordinir kegiatan usaha daur ulang di masing-masing kabupaten sebelum diolah di NTB Recycling Center dalam hal ini Bintang Sejahtera NTB.  Selain itu, Asosiasi Bank Sampah ini guna memperkuat jejaring Bank Sampah, menghadle pengelolaan sampah di tingkat kabupaten dalam bentuk Bank Sampah Induk. Pemerintah provinsi (Pemprov) NTB melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB memeberikan bantuan berupa modal dan bantuan sarana serta prasarana kepada Asosiasi Bank Sampah di masing-masing kabupaten.
“Dengan adanya asosiasi bank sampah di kabupaten menjadi media komunikasi, peningkatan kapasitas dan sharing best practice di antara semua bank sampah yang ada di kabupaten tersebut”. Demikian dikatakan Ketua Lembaga Bintang Sejahtera NTB di Mataram Sabtu, 9 Maret 2019. 

Ia mengatakan, Asosiasi Bank Sampah diharapkan dapat mengambil peran penting dalam mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan dan mengelola sampah mereka secara bertanggung jawab. Hal ini sejalan dengan semangat NTB Zero Waste yang diprogramkan oleh Pemprov NTB, dimana pemerintah mentargetkan NTB Bebas Sampah 2023.


Bagikan Yuk