Posted on 6 Februari 2019 | Oleh : Agus Salim

Bintang Sejahtera, Mataram – Ketua Lembaga Bintang Sejahtera NTB, Febriarti Khairunnisa menandatangi MoU kerjasama Program Pengelolaan Sampah Berbasis Keluarga bersama TP. PKK NTB. TP. PKK NTB menargetkan untuk terbentuknya Unit Bank Sampah di semua desa di Kabupaten/Kota se - NTB. Kerjasama ini direncanakan berlangsung selama tiga tahun.
Bintang Sejahtera NTB akan memberikan sosialisasi dan workshop kepada masyarakat di setiap desa yang menjadi target pembinaan TP. PKK NTB. Sebelum melaksanakan sosialisasi dan workshop Bintang Sejahtera NTB terlebih dahulu akan dilakukan penilaian awal terhadap desa binaan dan kemudian diberikan pembinaan secara berkelanjutan. 
Bintang Sejahtera NTB dalam kurun waktu selama enam bulan telah melakukan pendampingan kepada leih dari ratusan Unit Bank Sampah yang tersebar di Kabupaten/Kota di Pulau Lombok. Priode transaksi September-Desember rata-rata transaksi dari Semua Unit Bank Sampah binaan  mencapai Rp. 76.549.707 dimana jumlah rata-rata sampah yang terkelola sebanyak 30 ton lebih.
Pembinaan masyarakat melalui Usaha Bank Sampah melalui TP. PKK NTB ini nantinya akan menambah jumlah Unit Bank Sampah yang tersebar di semua Kabupaten/Kota di NTB. Usaha daur ulang sampah ini akan memberikan dampak besar bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun lingkungan. Bukan hanya itu, usaha daur ulang yang dijalankan secara berkelanjutan akan diharapkan mampu mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Membangkitkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah untuk lingkungan bersih berkelanjutan.


Bagikan Yuk