Posted on 19 Desember 2018 | Oleh : Admin

Bintang Sejahtera, Mataram – (17/12) Pagi yang cerah menyambut Kota Mataram hari itu. Sepanjang ruas jalan kota tua Ampenan dipenuhi oleh kendaraan yang terparkir mengisi bahu jalan. Sementara di Pinggir Sungai Kali Jangkok terlihat masyarakat dari berbagai macam kalangan menyasar pinggiran sungai. Perahu karet berwarna cerah terlihat saling beradu ketangkasan. Mereka bukan sedang lomba arum jeram, tetapi sedang mengarungi sepanjang sungai untuk membersihkan sampah di Kali Jangkok. Perayaan HUT 60 Tahun NTB kali ini dirayakan dengan cara yang berbeda. Bukan hanya sebagai bahan refleksi tahunan, tetapi ada aksi nyata yang dilakukan. Aksi nyata agar NTB bebas dari sampah. Hari Senin yang begitu panas, tetapi masyarakat terlihat partisipasif dan antusias untuk menghadiri dan meramaikan acara ini. 
Masyarakat ikut merasakan kegembiraan, mereka berkumpul di Pantai Ampenan. Perayaan Puncak HUT 60 Tahun NTB ini di pusatkan di Pantai Ampenan. Berbagai macam kegiatan seperti Aksi Bersih Sungai, pameran kerajinan, bagi-bagi sembako dan doorprize sampai makan ikan bersama.  Bintang Sejahtera NTB sebagai lembaga yang bergerak untuk mengatasi masalah persampahan di NTB diberikan ruang untuk mengkampanyekan betapa pentingnya mengolah sampah dari rumah tangga. Mengganti paradigma kita bahwa sampah bukanlah musibah, tetapi sampah merupakan berkah yang bisa menghasilkan rupiah. 
Komitmen Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah untuk mengatasi isu lingkungan terutama sampah dibuktikan dengan aksi nyata. Kegiatan tahunan ini, pada tahun 2018 dirangkai denhan Aksi Bersih Sungai, Launching NTB Zero Waste 2023 dan Aplikasi Asosiasi Bank Sampah. Gubernur mengharapkan agar semua pihak ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan tidak melulu mengandalkan pemerintah.
Selain Gubernur NTB, turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur NTB Hj. Dr. Siti Rohmi Djalilah, Wali Kota Mataram TGH. Ahyar Abduh dan penjabat lainnya. 


Bagikan Yuk