Posted on 2018-11-08 | Oleh : Admin

Bintang Sejahtera, KLU – (6/9) Terhitung  sejak tanggal 18 Agustus 2018 Bintang Sejahtera membuka Bank Sampah 7.0 SR yang memiliki cabang di lima kecamatan di Kabupaten Lombok Utara. Lima kecamatan tersebut antara lain Pemenang, Tanjung, Khayangan, Gangga dan Bayan. Sebanyak empat ton sampah telah diangkut ke Pusat Daur Ulang Bintang Sejahtera NTB. Sampah tersebut telah dikumpulkan oleh Bank Sampah 7.0 SR dari empat kecamatan dan telah mendapatkan manfaat berupa bantuan modal sebesar Rp. 5 juta lebih dari hasil transaksi sampah daur ulang mereka. Kegiatan ini diharapkan sebagai cara masyarakat untuk bangkit pasca bencana yakni untuk “Merubah Musibah Jadi Berkah”.

Sebelumnya Tim relawan Bintang Sejahtera sembari mengantarkan donasi telah melakukan sosialisasi dan edukasi terkait program ini kepada warga terdampak di masing-masing kecamatan. Setelah sosialisasi dan edukasi dilaksanakan, Tim Relawan Bintang Sejahtera melakukan kegiatan bersih sampah di area pengungsian bersama-sama dengan warga setempat. Tim Bintang Sejahtera yang sekaligus merupakan relawan gempa Lombok pada saat bersamaan langsung melakukan penimbangan setelah warga mengumpulkan dan memilah sampah daur ulang tersebut.

Program Bank Sampah ini sesuai dengan komitmen Bintang Sejahtera NTB dalam membantu warga terdampak gempa Lombok. Selain itu program ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang pengumpulan sampai dengan pemilahan sampah daur ulang. Program ini juga diharapkan bisa menjadi terapi ekonomi kepada masyarakat agar mampu bangkit dari penderitaan akibat gempa.

Sampah adalah sumber daya yang sangat bernilai namun sering kali dilupakan dan disia-siakan. Maka dengan program ini masyarakat bisa Merubah Sampah Jadi Rupiah dan Merubah Musibah Menjadi Berkah.

Program ini diharapkan bisa menjadi program berkelanjutan dan membantu masyarakat untuk bangkit bersama-sama dari musibah yang merugikan mereka baik secara materi maupun mental. Bintang sejahtera membantu pengadaan berupa karung, timbangan, tali dan modal agar memudahkan mereka dalam bertransaksi sampah daur ulang. Setiap sampah daur ulang yang terkumpul akan diangkut oleh tim operasional Bintang Sejahtera untuk kemudian dibawa ke Pusat Daur Ulang Reland Center Bintang Sejahtera NTB.


Bagikan Yuk