Posted on 2018-11-08 | Oleh : Admin

Bintang Sejahtera, KLU – (16/9) Tim Bintang Sejahtera NTB terus bergerak untuk membangkitkan semangat penyintas di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Hari Minggu (16/9) kemarin Bintang Sejahtera NTB bekerjasama dengan Rumah Keluarga Indonesia (RKI) mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kabupaten Lombok Utara, Kegiatan ini merupakan agenda mingguan Bintang Sejahtera NTB untuk mengedukasi masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Dangiang, Kecamatan Khayangan dan di Desa Malaka, Kecamatan Pamenang. Puluhan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka juga sangat tertarik untuk membentuk Unit Bank Sampah di Desa Dangiang. Setelah mengikuti sosialisasi ini mereka langsung termotivasi untuk mengumpulkan dan memilah sampah daur ulang di Posko Pengungsian. Bahkan para pesera yang telah terbiasa mengumpulkan sampah daur ulangnya tidak sabar untuk menjual sampahnya di Unit Bank Sampah Desa. Adanya sosialisasi ini mengedukasi mereka terkait pengumpulan, pemilihan dan penjualan sampah daur ulang sehingga adanya nilai ekonomi dari sampah yang dihasilkan.

Selain Desa Dangiang dan Desa Malaka, kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan secara bertahap di desa-desa terdampak lainnya. Selanjutnya, Tim Bintang Sejahtera NTB akan mengadakan sosialisasi di Selain itu, kegiatan sosilisasi ini akan dilaksanakan di Desa Gumantar dan Gondang. Tim Bintang Sejahtera NTB akan rutin melaksanakan kegiatan sosilisasi kepada para penyintas di desa-desa tersebut.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan pendampingan ini para penyintas mampu bangkit dan semakin semangat untuk menjaga lingkungan tempat tinggal mereka. Edukasi yang dilakukan oleh Bintang Sejahtera adalah mengatasi sampah daur ulang dari rumah tangga. Jika sampah rumah tangga sudah terpilah dengan baik, diyakani akan membantu mengurangi timbulan sampah.

Sebelumnya Bintang Sejahtera NTB telah mendampingi Cabang Bank Sampah di empat kecamatan di KLU. Sebanyak empat ton sampah telah diangkut menuju Pusat Daur Ulang Bintang Sejahtera NTB. Sampah tersebut telah dikumpulkan oleh Direktur Cabang Bank Sampah dari empat kecamatan dan telah mendaptakan manfaat berupa bantuan modal sebesar Rp. 4 juta lebih dari hasil tarnsaksi sampah daur ulang mereka. Kegiatan ini diharapkan sebagai cara masyarakat untuk bangkit pasca bencana yakni untuk “Merubah Musibah Jadi Berkah”.


Bagikan Yuk