Posted on 2018-11-08 | Oleh : Admin

Bintang Sejahtera, Lombok Timur – (8/10) Bintang Sejahtera NTB bersama dengan PT. HM Sampoerna Tbk Senin (8/10) mengadakan Sosialisasi, Training dan Warkshop Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Bank Sampah di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dengan menyentuh 15 Desa Prioritas. Peserta merupakan petani tembakau binaan PT. HM Sampoerna Tbk. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung dari 8-12 Oktober 2018. Program kemitraan antara Bintang Sejahtera NTB dengan PT. HM Sampoerna Tbk ini berlangsung selama tiga bulan terhitung dari Oktober sampai dengan Desember 2018.

Sosialisasi hari pertama dilaksanakan di Kantor Desa Sukadana dan Kantor Desa Rumbuk. Peserta merupakan petani tembakau di desa tersebut. Kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu kampanye lingkungan agar para petani nantinya terbiasa memilah sampah dari sumbernya, yakni Rumah Tangga. Hal ini sejalan dengan Program Non Tobacco Related Material yang memang sudah menjadi program kampanye dari Sampoerna sendiri. Sejauh ini, pihak pemasok tembakau kerap kali menerima tembakau dari petani bercampur dengan sampah plastik sehingga tembakau yang telah dibeli dari petani terpaksa untuk dikembalikan lagi.

Harapannya dengan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Bank Sampah ini bisa menjadi mata pencaharian tambahan para petani sebelum musim tembakau tiba. Selain itu, Bank Sampah ini nantinya diharapkan bisa menjadi alternatif untuk mengurangi sampah plastik tercampur dengan tembakau yang sudah dikemas atau Non Tobacco Related Material.

Sebelumnya Tim Bintang Sejahtera NTB melakukan assessment atau penilaian awal terhadap peran dan keikutsertaan masyarakat di setiap desa terhadap adanya program Bank Sampah ini nantinya. Kegiatan selanjutnya akan dirangkai dengan kegiatan workshop dan pendampingan secara berkelanjutan dalam menjalankan program Bank Sampah ini sampai mereka bisa melakukan transaksi secara mandiri


Bagikan Yuk